Tips Ampuh Cara Menggunakan Rem Tangan Dan Perawatannya<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-13921">			<span class="no-rating-results-text">No ratings yet.</span>		</span>
Cara Menggunakan Rem Tangan Dan Perawatannya

Tips Ampuh Cara Menggunakan Rem Tangan Dan Perawatannya

Salah satu fungsi dan kegunaan utama rem tangan yang ada di mobil adalah menahan mobil supaya tetap berada di tempat tidak maju ataupun mundur bergerak saat posisi mobil sedang berhenti atau parkir. Bisa dikatakan rem tangan sebagai rem parkir sesuai dengan peruntukannya yaitu rem yang digunakan saat posisi mobil sedang parkir.

Seperti mobil maupun memberhentikan mobil dalam durasi yang lumayan lama yang berdurasi antara 5 menit apalagi hingga beberapa jam lamanya. Rem tangan ataupun parkir ini pada umumnya terdapat di tengah-tengah antara dua jok maupun kursi depan.

Rem tangan ini umum dioperasikan dengan tangan serta caranya ditarik untuk mengaktifkan rem ini yang mana rem parkir itu sering kali disebut sebagai rem tangan (Sebab untuk pelafalan rem itu kita bakal memakai sebutan rem tangan ataupun handbrake), untuk rem tangan mobil matic sebenarnya sama saja.

Rem tangan sendiri sebenarnya memiliki peranan tak hanya sebagai rem pada saat mobil parkir ataupun berhenti, di antaranya juga dapat berperan sebagai rem darurat adalah rem yang dipakai ketika keadaan-keadaan tertentu maupun darurat  seperti ketika rem mobil anda blong.

Cara Menggunakan Rem Tangan Dan Perawatannya

Cara Menggunakan Rem Tangan Dan Perawatannya

Ketika keadaan jalanan macet total rem tangan ini akan amat terasa manfaatnya dari pada anda memijak rem kaki berkepanjangan terlebih lagi jika kemacetan berlangsung pada keadaan jalan yang menanjak, Sebab cara memakai rem tangan mobil di tanjakan sangatlah berfungsi.

Rem ini pula dapat berperan  ketika mesin mobil mati di jalan dan juga kita akan melakukan perbaikan atau pemeriksaan pada mesin itu, sehingga sangat kesulitan apabila rem tangan tak pakem.

Sebab meskipun rem tangan digunakan ketika mobil berhenti, melainkan lamanya durasi pemakaian rem ini juga haruslah senantiasa kita amati. ketika mobil yang diparkir cukup lama apalagi beberapa hari pemakaian rem tangan tak disarankan digunakan dapat merusak disc brake serta terutama untuk daerah yang memiliki kelembaban cukup tinggi ataupun mobil anda habis melintasi kubangan air yang dapat memunculkan kerak pada cakram maupun tromol mobil.

Pada saat menggunakan rem tangan disarankan sebaiknya hanya selama 5 menit sampai 1 hari saja, jika sudah lebih dari satu hari alangkah lebih baik mobil diganjal dengan kayu ataupun batu, misalkan pada saat ditinggal pergi ke luar kota.

Apabila anda tengah berpergian ke pasar ataupun hanya ke rumah teman yang hanya berhenti beberapa jam saja itu rasanya memakai rem tangan sudahlah sangat tepat serta efisien. Mobil-mobil canggih saat ini seperti Suzuki XL7 sudah menggunakan sistem pengereman yang canggih diantaranya memiliki H2C ( Hil Hold Control ) sehingga sangat aman saat dikendarai. Bagi anda yang ini memiliki mobil ini, Promo Suzuki Xl7 terbaru dapat anda lihat pada artikel sebelum ini.

 

Bagaimana Menggunakan Rem Tangan

Cara menggunakannya cukup dengan menarik tuas rem tangan untuk rem tangan ini memiliki gerigi atau gear pada pangkal rem yang gunanya untuk mengontrol kedalaman rem dan juga mengunci rem pada intensitas tertentu, untuk rem tangan pun memiliki tombol release yan ada pada ujung tuas yang gunanya untuk melepas kunci kedalaman rem pada gear ataupun geriginya. serta saat akan berjalan janganlah lupa cara menurunkan rem tangan mobil ataupun rem tangan mobil lupa dilepas.

Untuk mengaktifkan maupun cara menggunakan rem tangan ini pastikan anda senantiasa menekan tombol realase, yang berperan untuk meminimalkan gerekan gear maupun gerigi, hal itu dapat melindungi gear dalam kondisi baik dalam kurun waktu yang cukup lama serta lebih tahan lama.

Pastikan tidak boleh terlalu keras pada saat menarik rem tangan apa lagi menariknya dengan tarikan penuh, tarikan perlahan maupun sedang berperan untuk menjaga gerigi supaya bekerja dengan cara tepat dalam mengunci dan juga berperan untuk menjaga kabel rem, dapat anda rasakan klik pada gear rem dan juga gunakan ukuran 4 sampai 7 klik saja untuk parkir mobil.

 

Cara Merawat Rem Tangan

Sedangkan untuk perawatan rem tangan tak jauh berbeda dengan kita mengurus rem mobil, tak hanya untuk beberapa kerutinan di atas, serta yang perlu dilakukan yaitu dengan sering membersihkan kotoran seperti debu maupun  kerak pada cakram tiap 1000 sampai 2000 km untuk penggunaan mobil normal.

 

Rem Parkir Pada Kaki

Khusus pada rem parkir yang terdapat di kaki, anda mohon berhati-hati ketika memakai rem jenis yang ini terpenting apabila memakainya pada saat mobil berjalan, untuk pemakaian rem yang ini sangat sensitive jika diinjak mobil akan terkunci dan juga seketika pengemudi dapat kehilangan kendali, sehingga untuk rem parkir yang ditempatkan di kaki, ,maka gunakanlah rem ini pada saat tengah berhenti saja.

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk anda sebagai pengetahuan maupun informasi seputar dunia otomotif. Selain mobil Suzuki XL7 seperti yang dibahas di atas, ada juga Suzuki Ertiga yang bisa anda miliki. Promo Suzuki Ertiga sangat menarik untuk anda dapatkan.

 

Hubungi  :

Anto Suzuki  :  0813.8250.0890

Sari Suzuki  :  0813.1897.7023

 

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Call Now Button