Penyebab Radiator Bocor Dan Cara Memperbaikinya<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-13928">			<span class="no-rating-results-text">No ratings yet.</span>		</span>
Penyebab Radiator Bocor Dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Radiator Bocor Dan Cara Memperbaikinya

Fungsi utama radiator yaitu sebagai cooling atau pendingin pada mesin mobil agar tidak terjadi overheat panas yang berlebih yang mengakibatkan kerusakan pada mesin. Radiator menjadi salah satu komponen penting di dalam kendaraan baik mobil maupun motor.

Terdapat beberapa perbedaan model radiator di setiap kendaraan, hanya dari segi bahan serta ukuran yang membedakan antara satu dengan yang lain, fungsi dan bentuknya rata-rata sama di setiap kendaraan.

Berikut merupakan penjelasan tentang apa saja yang dapat menjadi penyebab radiator mengalami kebocoran, untuk itu bisa menjadi pertimbangan saat penggantian pada radiator yang sudah bocor. Anda bisa memutuskan untuk mengganti atau memperbaikinya, selengkapnya bisa Anda baca penjelasan berikut ini dibawah.

Penyebab Radiator Bocor Dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Radiator Bocor Dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Radiator Mobil Bocor

  1. Radiator Bocor Karena Faktor Umur

Banyak mobil keluaran tertentu memiliki bahan dan komponen yang mudah rusak, penyebab utama yang terjadi pada radiator adalah faktor umur atau usia pemakaian komponen radiator mobil itu sendiri. Mobil baru biasanya hampir tidak pernah mengalami masalah seperti ini. Terutama mobil-mobil berkualitas baik seperti Suzuki XL7 bisa dibilang aman dari masalah ini. Untuk anda yang ingin membeli mobil Suzuki XL7, Promo Suzuki XL7 terbaru ada pada artikel sebelum ini.

Jika kondisi komponen sudah tua, tentunya berpengaruh terhadap daya tahan menjadi berkurang dan komponen didalamnya akan mudah retak dan rusak bahkan mengalami kebocoran.

Ternyata radiator model baru milik beberapa type mobil seperti toyota avanza, daihatsu xenia dan beberapa type mobil lainnya terbuat dari plastik pada bagian kepala radiator.

  1. Radiator Bocor Terkena Benda Asing

Kerusakan pada kisi-kisi radiator biasanya sering terjadi karena saat perjalanan ada batu kerikil atau benda asing lainnya yang masuk kedalam kisi-kisi radiator yang dapat menyebabkan jebol bahkan air pendingin radiator keluar dari lubangnya.

Hal semacam ini yang tidak dapat dihindari lagi meski sudah berhati-hati, namun ada solusi mudahnya Anda bisa mencoba untuk menambal sendiri lubang yang ada pada radiator dengan lem besi tentunya dengan kehati-hatian dan ketelitian untuk dapat memperbaikinya.

  1. Radiator Bocor Karena Saluran Output Tersumbat

Bila Anda jarang bahkan tidak pernah memeriksa dan merawat radiator akan timbul masalah seperti endapan kotoran lumpur dan juga karat pada bagian kisi-kisi radiator dan juga di bagian selang keluar radiator yang akan dialirkan ke dalam mesin.

Kotoran lumpur serta karat yang menumpuk dapat menyumbat air yang mengalir ke mesin mobil, sebaliknya aliran air panas dari dalam mesin terus dibuang masuk ke radiator.

Hal ini lambat laun akan dapat membuat kerusakan hingga bisa menyebabkanledakan dan pecah pada bagian kepala radiatornya, air yang ada didalam radiator akan muncrat keluar secara perlahan sampai habis. Agar hal ini tidak terjadi pada mobil anda pastikan untuk rutin mengganti air radiator agar tidak mudah mengendap dan berkerak serta ada kotoran lumpur dan semacamnya.

  1. Radiator Bocor Disebabkan Kualitas Bahan Kurang Bagus

Kualitas komponen yang tidak standar, bisa jadi part yang diproduksi oleh manufaktur atau perusahaan yang sama memiliki kualitas yang berbeda karena faktor tertentu. Dari segi bahan yang memang bagus tetapi dari segi ketahanan pemakaian yang kurang tahan lama.

Ada beberapa komponen yang mudah rusak di bagian sistem radiator. Salah satunya selang bypass radiator, yang berbahan plastik jadi komponen ini mudah retak dan mengalami kebocoran di bagian fluida radiator secara drastis.

Di beberapa Bengkel resmi ada semacam improve part, untuk menganalisa komponen dan part tertentu yang sering mengalami kerusakan kemudian akan dicarikan dan juga dibuat ulang dengan komponen yang baru dengan bahan yang tahan lama.

Kemudian pihak Bengkel resmi akan mengganti part secara gratis pada unit mobil yang bermasalah atau sering disebut dengan istilah recall.

Mobil Toyota Innova yang mengalami masalah seperti diatas karena selang bypass yang berbahan plastik, dan saat ini sudah diganti dengan memakai selang berbahan pipa besi, penjelasan ini bersumber dari mekanik Toyota.

Cara Memperbaiki Radiator Yang Bocor

Permasalahan radiator bocor biasanya jarang terjadi pada mobil baru. Jika anda ingin membeli mobil baru berkualitas seperti Suzuki Ertiga, lihatlah Promo Suzuki Ertiga pada artikel sebelum ini. Berikutnya yang akan dibahas mengenai bagaimana cara memperbaiki apabila terdapat kebocoran pada radiator. Cara memperbaikinya tergantung pada tipe radiator yang ada pada mobil, pastikan untuk memeriksa apakah berbahan aluminium atau  menggunakan bahan logam.

Tingkat kebocoran di upper tank dan juga lower tank dapat mempengaruhi bagaimana cara memperbaiki radiator plastik. Jika bocor kecil atau hanya sedikit retak pada sambungan upper tanknya ke radiator, yaitu dengan menggunakan lem araldite untuk menutup kebocorannya.

Banyak juga diantara yang mengalami masalah ini, yang mengganti upper tank dengan memodifikasi uppertank dengan menggantinya dari bahan logam.

Radiator yang sudah mengalami kebocoran, jika ingin diganti tentu anda perlu mempertimbangkannya,  jika kondisi sirip di bagian pendingin radiator terdapat banyak kerusakan atau lubang yang bocor, misal akibat dari tabrakan atau benda asing seperti batu.

Nah itulah beberapa penyebab radiator bocor dan cara memperbaikinya, semoga dapat membantu Anda untuk memecahkan permasalahan yang sedang anda alami terkait radiator bocor.

Please rate this

Leave a Reply

Call Now Button